Setiap kali diajak makan, pasti saya selalu merepotkan yang ngajak. Gak nyaman yah…. hhmmm. Tapi begitulah, sudah terlanjur vegetarian, dan tubuh saya sudah terbiasa, jadi kalau makan daging, pasti ada aja yang terasa gak enak di badan. Kalau sudah begini, biasanya emosi tinggi, duduk salah, tidur salah, kerja apalagi…. Sama sekali gak bisa konsen!!!

Setahun ini saya menjadi vegetarian. Banyak orang bertanya, kenapa? Alasan pertama, kesehatan. Riwayat kolesterol sudah akrab dalam keluarga besar saya. Eyang putri saya, ibu saya, paman saya, semua kolesterol tinggi, begitu juga saya. Selain itu, ibu saya mengidap kanker payudara, dan menurut dokter, kanker itu herediter, menurun ke anak perempuannya! Kenyataan ini membuat saya sangat concern dengan gaya hidup sehat < no rokok, makan teratur, tidur cukup, olahraga, dan ekstra ketat dengan makanan>. Alasan kedua, diet. Saya mau tetap langsing, meski umur sudah kepala 4. Jadi, saya dapat 2 manfaat dalam sekali program, Vegan = langsing dan sehat.

Banyak yang bertanya, bagaimana rasanya menjadi vegan? Bulan pertama belum terasa apa-apa, masih seperti sebelumnya. Baru terasa ada perubahan fisik di bulan kedua. Yang positif : kulit terasa kencang dan kenyal. Yang negatif : stamina mulai drop. Saya rajin berolahraga, tapi rutinitas erobik menjadi terganggu karena turunnya stamina ini. Saya mencoba alihkan ke fitness dan mengurangi erobik, terutama high impact. Menginjak bulan kelima, semua terasa mudah. Tubuh sudah terbiasa dengan makanan non daging, cukup mempertahankan spirit saja. Percaya deh, godaan makan daging luar biasa hebat….. Apalagi menginjak bulan ke 10. Rasanya rindu sekali makan daging, apalagi ayam goreng…. wow…. Tapi akibat negatif setelah makan daging sangat mengganggu! Karena begitu kita makan daging, stabilitas tubuh terganggu, ada yang gak nyaman di badan, serba salah. Rasanya seperti masuk angin, dan pegal-pegal. Saya sudah paham tipe ketidaknyamanan badan seperti itu, biasanya saya lebih banyak istirahat dan minum air putih banyak-banyak!

Awalnya saya berniat murni vegan, tolak semua produk hewani, termasuk susu, keju dan telur. tapi tubuh saya protes, stamina drop dan badan lemas. Jadi untuk protein hewani saya makan ikan, daging putih kata orang. Saya masih butuh protein hewani dari ikan, kalau dalam seminggu tidak makan ikan, rasanya seperti orang bego, otak jadi lemot….. Susu saya ganti dengan susu kedelai. Telur cukup sebutir sehari. Jadi setiap hari, saya sarapan sebutir telur ayam kampung dan minum susu kedelai. Telur ayam kampung bagus untuk stamina setiap hari. Cukup satu butir di pagi hari, saya tetap bisa fit beraktifitas sampai malam hari tanpa istirahat siang.

Dilihat dari manfaat yang saya dapatkan, menjadi vegan lebih menjamin badan sehat dan tetap langsing alami. Mau ikutan jadi vegan? Hayuuuuuuuukk…. Nanti kita share pengalaman masing-masing setelah mencoba.