Saat Lebaran sudah menjelang… saat yang di tunggu-tunggu semua orang muslim seperti keluarga saya juga. Tapi saya selalu menyimpan rasa jengah setiap lebaran datang.. Hei, tunggu dulu… ini bukan soal moment maaf memaafkan dan kegiatan silaturahminya yg bikin jengah… tapi soal makan…. hufff….

Keluarga suami saya paling suka kumpul-kumpul dan makan-makan. Apalagi pas suasana lebaran, wuah… makanan berlimpah ruah, sampai saya sendiri bingung, apa ya habis makanan sebanyak itu? Tapi itulah hiburan saat silaturahmi, makan…. Apa tidak ada cara lain selain makan ya???

Seperti sudah saya sebutkan di judul tulisan ini, lebaran selalu identik dengan makan-makan…. Dan saya yang vegetarian ini selalu bingung menolak setiap tawaran bahkan pemaksaan kerabat, saudara, teman, yang ngajak makan dengan alasan yang sama, saya tidak makan daging…. Sudah menjadi tradisi,  lebaran di rayakan dengan ketupat, opor, rendang, dan segala macam makanan daging lainnya. Sudah pasti saya TIDAK makan itu semua. Setiap tawaran saya selalu jawab tidak. Lama-lama sungkan juga. Apalagi harus menjelaskan pada orang-orang yang lebih tua bahwa saya vegetarian. Mereka saja masih menyantap dengan santainya rendang berlemak itu… tapi saya gak doyan….. Pfffff… Lemak, no way!

Untuk mengurangi rasa jengah, (bayangin deh… semua asyik dengan piring berisi setumpuk makanan, berganti-ganti isi di piring itu, tapi saya lebih suka minum atau makan buah, kalaupun ada buah) saya terpaksa ikutan makan kerupuk dan acar, atau sayur, kalau ada, pokoknya asal ada makanan yang bisa menyelamatkan saya supaya kelihatan membawa piring, dan dengan santai menjawab pertanyaan orang-orang itu : ini saya sudah makan koq…..  Hahaha stupid act… Daripada saya ditanya melulu: koq gak makan? Setiap orang pasti nanya, lha kalo kumpul 50 orang saja, kan saya bosan jawabnya, paling juga saya jawab, nanti…. Nah, kalo jawab yang itu, bakal diseret deh ke meja, ayo makan, ampuuuuuun….

So, begitulah cara saya setiap kumpul-kumpul di acara makan-makan, apa itu lebaran, tahun baru, pernikahan, atau peristiwa keluarga penting lainnya. Melalukan acting ikut makan… sssssttt…. please jangan bongkar rahasia acting ini yah.. Tapi kadang saya menikmati juga loh, kalau ada makanan kesukaan, wah…  bisa gak berhenti makan…