Setelah beberapa bulan memelihara hamster, dan berhasil mengembangbiakkan menjadi berpuluh ekor, banyak teman-teman saya yang bertanya, bagaimana caranya? Apa pakannya?

Salah satu kunci penting memelihara hamster adalah pakannya. Mereka seperti manusia, makanan yang diberikan harus sedikit variasi. Setiap hamster punya kegemaran makanan khusus, sama seperti manusia, ada yang suka jagung manis, ada yang suka popcorn, ada yang suka brokoli, dll. Pakan juga disesuaikan dengan kondisi hamster. Khusus untuk hamster yang sedang bunting atau menyusui harus diberi perhatian ekstra untuk pakannya. Nah, apa sajakah pakan hamster? Kita lihat satu per satu ya.

BIJI-BIJIAN

Hamster adalah hewan pemakan biji-bijian. Saluran pencernaannya tidak didesain untuk mencerna makanan dengan kadar air tinggi secara terus menerus. Jadi kalau memelihara hamster sudah seharusnya biji-bijian menjadi pakan utama. Biji-bijian tersebut sebaiknya diberikan dengan cara dicampur (dikombinasikan) agar asupan gizi hamster seimbang. Pemberian satu jenis biji-bijian sebaiknya dihindari karena bisa berakibat buruk bagi hamster. Misalnya hanya memberi pakan bji bunga matahari atau kuaci secara terus menerus. Dampak buruknya, hamster bisa mengalami obesitas karena kandungan lemak yang tinggi pada biji bunga matahari. Dampak lainnya, pertumbuhan tulang dan gigi menjadi terhambat karena kekurangan asupan kalsium. Selain itu bisa menyebabkan keguguran pada induk hamster karena kekurangan asupan vitamin.

Biji-bijian untuk pakan diantaranya adalah

1. Biji bunga matahari (kuaci).

2. Kacang hijau

3. Jagung (yang sudah dipecah)

4. Beras merah

5. Berbagai biji-bijian kecil yang biasa dipakai untuk pakan burung kenari

6. Gabah

Biji-bijian tersebut dicampur dan diracik sendiri. Jika diracik dengan komposisi yang tepat, justru dapat memberikan manfaat bagi hamster. Untuk meraciknya bisa dilakukan dengan komposisi seimbang, dan jumlah kuaci atau biji bunga matahari sedikit saja.

Selain dicampur atau diracik sendiri, saat ini juga banyak tersedia berbagai merek pakan hamster di petshop atau tempat penjualan hamster. Namun sebelum membeli harus diperhatikan kualitas dan kuantitas pakan yang akan dibeli. Pakan biji-bijian  untuk hamster sebaiknya masih segar. Usahakan juga biji-bijian yang sudah dibeli tidak berlebihan dan menumpuk, sehingga bisa menjadi berjamur atau berkutu. Tempat pakannya juga harus tertutup rapat, misalnya dalam toples, supaya tidak mudah dikerubuti semut.

 PELET IKAN

Pelet ikan digunakan sebagai campuran dalam racikan biji-bijian. Namun jumlahnya harus dikontrol. Sedikit saja dipakai sebagai campuran supaya pakan hamster lebih variatif. Aroma dan rasa yang beda dari pelet ikan meningkatkan nafsu makan hamster.

SAYUR DAN BUAH

Banyak yang kurang paham mengenai pakan hamster, banyak yang memberi makan hamster dengan sayuran dan buah-buahan. Sebetulnya bisa saja, asal tidak terlalu banyak. Jika diberi sayur atau buah terlalu banyak, pencernaan hamster bisa terganggu. Hamster bisa terserang diare atau menjadi sulit hamil karena terlalu banyak asupan sayur. Selain menimbulkan masalah kesehatan, kelebihan sayuran juga merepotkan pemeliharaan, karena hamster jadi sering buang air kecil dan kandang jadi cepat kotor. Ini menyebabkan pasir dan serbuk kayu harus cepat diganti, akibatnya menjadi boros dalam biaya pasir dan serbuk kayu.

Sayuran dan buah-buahan yang bisa dijadikan pakan adalah:

1. Wortel

2. Brokoli

3. Kecambah

4. Apel manis

5. Jagung manis

6. Baby corn

 

MAKANAN LAIN

Selain biji-bijian sebagai makanan utama. Hamster juga suka makanan selingan seperti :

Popcorn

Supaya popcorn yang dimakan hamster bebas dari minyak/mentega dan garam atau gula, popcorn bisa dibuat sendiri jika memiliki oven di rumah. Bahan utamanya cukup jagung yang bisa dibuat popcorn, tidak perlu dicampuri minyak.

Oats

Oats terbuat dari gandum. Berbentuk bubuk dengan serpihan kasar. Aromanya gurih wangi seperti gandum.

Makanan selingan seperti ini juga tidak perlu terlalu sering diberikan. Sekali-sekali saja supaya hamster lahap makannya.

Khusus untuk hamster yang sedang bunting, perlu diberi makanan tambahan. Telur rebus (putihnya saja) baik untuk hamster yang sedang bunting. Untuk hamster yang sedang menyusui, berikan jagung manis supaya air susunya lancar.

Bayi-bayi hamster yang sudah mulai makan sendiri (biasanya umur sekitar 3 minggu), paling suka makan biji-bijian kecil pakan burung atau brokoli. Siapkan di kandang yang berisi bayi2 hamster tersebut makanan lebih, kalau tidak, induknya akan cepat sekali kurus karena disedot terus air susunya oleh anak-anaknya, apalagi jika jumlah anaknya banyak.

Selamat mencoba beternak hamster!