crop IMG_0941

Yogyakarta adalah tempat tinggal saya saat ini dengan tiga anak. Kami tinggal di daerah jl. Kaliurang km. 12, wilayah Ngaglik Sleman.  Saya menikah tahun 1993 dengan ayah dari anak-anak saya, Setyo Nugroho dan berpisah tahun 2012. Saya dan Ayahnya anak-anak memutuskan untuk berpisah, dan saya mengasuh ketiga anak kami. Putra kami paling sulung lahir 3 Mei 1995, Raka Primastra. Putra kedua, lahir 25 Maret 1998, Mahesa Bisatya. Dan putri bungsu kami lahir 4 Juni 2001, Oryza Ayu Maulivi.

Saya seorang perempuan biasa yang tumbuh di lingkungan keluarga PNS. Bapak saya, bekerja sebagai pegawai negeri di salah satu instansi pemerintah di Surabaya. Bapak seorang yang smart, educated, dan disiplin. Beliau meninggal ketika saya masih remaja. Ibu saya juga pegawai negeri, Ibu mendidik saya dan adik saya (kami hanya dua bersaudara)  lebih berorientasi pada pencapaian pendidikan setinggi-tingginya. Alhamdulillah kami berdua bisa mencapai gelar Master di bidang masing-masing.

Masa kecil saya berawal di kota Yogyakarta, saya lahir di kota ini ketika Bapak saya sedang mengawali karir pegawai negeri dan harus bertugas ke luar pulau. Saya lahir 10 Juni 1968. Sampai usia setahun saya dan Ibu tinggal di Yogya, dan Bapak memboyong kami ke Banjarmasin. Setahun kemudian, lahir adik saya. Masa kecil di kota Banjarmasin, saya sempat mengenal bahasa Banjar, tapi seiring waktu, saya sudah tidak lagi bisa mengingat bahasa itu, karena kami pindah lagi ke kota Surabaya hingga saya menikah dan mengajar.

Masa sekolah dasar saya lalui di 4 sekolah dasar. Pertama, ketika kelas 1 SD, di salah satu sekolah swasta di Banjarmasin. Kedua, kelas 2 SD, di sekolah negeri di Yogyakarta. Ini karena Bapak ditempatkan di kota Surabaya, saya dan adik untuk sementara dititipkan di rumah Eyang di Yogya. Ketiga, kelas 3 sampai 5 SD, di sekolah negeri di Surabaya. Sementara masih sewa rumah, Bapak memilih sekolah yang dekat dengan rumah sewa. Keempat, kelas 6 SD, di SD HangTuah VI di kompleks TNI-AL di daerah Surabaya Timur hingga lulus SD tahun 1983. Orangtua kami sudah memiliki rumah tinggal, jadi kami pindah ke tempat tinggal baru, sekolah juga dipilih yang dekat dengan rumah.

Masa remaja saya lalui di kota Surabaya. Sekolah Menengah Pertama di SMPN 18 Surabaya, lulus tahun 1985. Prestasi akademik saya cukup bagus, jadi saya lolos masuk sekolah favorit di SMAN 2 Surabaya, program A3 alias IPS, lulus tahun 1987.  Waktu itu untuk seleksi masuk Sekolah Menengah Atas masih dengan cara ujian tertulis  di sekolah yang dituju. Tahun 1987, saya diterima di Psikologi (waktu itu masih program studi) Universitas Airlangga, lulus tahun 1993. Tugas akhir saya berjudul “Studi perbedaan tingkat motivasi berprestasi penyelia dengan gaya kepemimpinan yang berorientasi pada tugas dan yang berorientasi pada karyawan di AJB. Bumiputera Surabaya”.

Tahun 1992, saya sempat bekerja di PT. Fendi Mungil, Driyorejo Gresik, sebuah perusahaan produsen mebel rotan, di posisi General Affair Officer. Tidak bertahan lama di perusahaan ini, hanya 3 bulan, karena lokasi pabrik cukup jauh dan polusi bahan produksi membuat kesehatan saya sedikit terganggu. Tahun berikutnya, awal 1993, saya mengajar di fakultas psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Cukup lama karir saya mengajar. Sempat memegang amanah sebagai Sekretaris Biro Konsultasi Psikologi, salah satu unit di bawah fakultas psikologi Untag Surabaya, dan Kepala Laboratorium Psikologi. Pengalaman menarik yang saya paling suka ketika mengajar adalah ketika kerjasama dengan Radio GIGA di Sidoarjo untuk mengisi acara Konsultasi Keluarga yang on air setiap Kamis pagi. Selain itu pernah juga mengisi Kolom Psikologi di harian “Karya Darma” Surabaya. Hasil penelitian bersama dengan rekan dosen lain pernah dipublikasi di jurnal ekonomi Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, dengan judul ”

  • Pengaruh persepsi terhadap kekuasaan atasan dengan komitmen pada perusahaan dan kepatuhan pada atasan”, tahun 1995.

Untuk pengembangan diri, saya melanjutkan kuliah S2 tahun 1999 di Pascasarjana Psikologi Universitas Gadjah Mada dengan minat pada Psikologi Organisasi dan Industri. Lulus tahun 2002 dengan Tesis berjudul “Hubungan antara stres kerja dan dukungan sosial terhadap kepuasan kerja pada guru Taman Kanak-kanak. Untuk melanjutkan studi ini, saya harus memboyong keluarga saya (karena suami waktu itu tidak bekerja) pindah ke kota Yogyakarta.

Setelah lulus, saya memutuskan untuk tetap tinggal di kota ini, sebagai ibu rumah tangga, sambil bekerja paruh waktu pada PT. Tigaraksa Optima Perkasa, distributor buku eksklusif untuk anak-anak, tahun 2005. Pindah ke PT. Widyadara (Grolier-Scholastic Int.) tahun 2007, masih distributor buku eksklusif semacam ensiklopedi. Pindah lagi di PT. Mizan Dian Semesta, distributor buku juga yang bersifat Islami, di tahun yang sama hingga awal 2008.

Maret 2008 sampai Juli 2013, saya bekerja di PT. Stuppa Indonesia, kantor konsultan proyek pemerintahan bidang kebudayaan dan pariwisata. Banyak project yang saya tangani selama di kantor ini sebagai project asistant, diantaranya:

  1. Kegiatan Pendukungan Penyusunan Sistem Manajemen Kinerja dan Key Performance Indicators (2008)
  2. Review Kurikulum Bidang Pariwisata (2008)
  3. Pembuatan Modul Diklat Bidang Pariwisata (2009)
  4. Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Nasional (2010)
  5. Lokakarya Peningkatan Kualitas Kegiatan Pengawasan (2010)
  6. Rencana Induk Pembangunan Kebudayaan Nasional (2010)
  7. Studi Kelembagaan Pendidikan Vokasi Bidang Kebudayaan (2011)
  8. Penyusunan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Cagar Budaya dan Perfilman (2011)
  9. Penyusunan Kurikulum dan Materi Pembelajaran Pendidikan Vokasi Bidang Kebudayaan (2011)
  10. Dukungan Diplomasi Budaya Nominasi Warisan Budaya Dunia “Cultural Landscape of Bali Province” (2012)
  11. Penyusunan Cetak Biru Nasional Pembangunan Kebudayaan (2013)

Saat ini saya bekerja sebagai freelancer pada PT. Magnify Solution,  sebuah perusahan jasa Pengembangan Sumber Daya Manusia. Saya membantu dalam menangani assesment profiling dengan DISC, konseling, recruitment, dan membantu pelaksanaan training Based Style Leadership.

Itulah sekilas perjalanan hidup saya. Silahkan kontak email saya, maya. dewi@yahoo.com, jika membutuhkan informasi lebih lanjut tentang saya.