Untuk menyelenggarakan kegiatan pemerintahan, biasanya kegiatan-kegiatan pemerintahan baik pemerintah pusat maupun daerah di lelang kepada pihak ketiga sebagai pelaksana kegiatan. Kegiatan pelelangan ini diatur dengan tata cara pelelangan melalui sistem online, mulai dari pengumuman, pemberian penjelasan lelang, sampai dengan proses penerimaan dokumen penawaran yang biasanya disampaikan dalam bentuk softcopy.

Dokumen penawaran ini sudah diatur dalam Standar Dokumen Pengadaan dalam proses pelelangan kegiatan pemerintahan tersebut.
Dokumen penawaran biasanya lengkap berisi 1) penawaran administrasi, 2) penawaran teknis, 3) penawaran harga, 4) dokumen isian kualifikasi. Selanjutnya panitia akan melakukan evaluasi yang terdiri dari: 1) evaluasi administrasi, 2) evaluasi teknis, 3) evaluasi harga. Penawaran yang memenuhi syarat adalah penawaran yang sesuai dengan ketentuan, syarat-syarat, dan spesifikasi teknis yang ditetapkan dalam Dokumen Pengadaan, tanpa ada penyimpangan yang bersifat penting/pokok atau penawaran bersyarat.
Penawaran teknis atau sering disebut sebagai usulan teknis (proposal) merupakan bagian penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja dalam dokumen pengadaan. Karena usulan teknis mencakup beberapa persyaratan dimana penilaian persyaratan teknis minimal dilakukan terhadap:
a) metode pelaksanaan pekerjaan yang ditawarkan menggambarkan penguasaan dalam penyelesaian pekerjaan;
b) jadwal waktu pelaksanaan pekerjaan yang ditawarkan tidak melampaui batas waktu sebagaimana ditetapkan dalam dokumen pengadaan;
c) jenis, kapasitas, komposisi dan jumlah peralatan minimal [sesuai dengan yang ditetapkan dalam Dokumen Pengadaan];
d) spesifikasi teknis & gambar memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam spesifikasi;
e) identitas (jenis, tipe dan merek) yang ditawarkan tercantum dengan lengkap dan jelas (apabila dipersyaratkan);
f) tenaga teknis (apabila dipersyaratkan);
g) personil inti yang akan ditempatkan secara penuh sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan dalam Dokumen Pengadaan serta posisinya dalam manajemen pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan organisasi pelaksanaan yang diajukan;

Untuk menyediakan penawaran teknis ini diperlukan dokumen usulan teknis yang rinci. Usulan teknis biasanya terdiri dari beberapa bagian yang terdiri dari:
Bagian satu, berisi tanggapan terhadap Kerangka Acuan Kerja, pendekatan pola pikir, rencana kerja secara rinci dari kegiatan, dan tahapan kegiatan dalam bentuk bagan alur kegiatan.
Bagian dua, berisi jadwal waktu pelaksanaan pekerjaan berupa matriks pencapaian rincian kegiatan dari waktu ke waktu dalam satuan mingguan atau bulanan sesuai dengan lamanya waktu pelaksanaan kegiatan.
Bagian tiga, berisi jenis, kapasitas, komposisi dan jumlah peralatan minimal dalam pelaksanaan kegiatan yang mengacu pada anggaran belanja awal.
Bagian empat, berisi spesifikasi teknis dan gambar, berupa rencana kegiatan rinci mulai dari konsep, lokasi kegiatan atau venue lengkap dengan lay out rancangan tempat kegiatan, agenda kegiatan per hari dan rundown kegiatan per menit, perlengkapan teknis yang diperlukan dalam penyelenggaraan kegiatan secara lengkap dan detil.
Bagian lima, berisi pelaksana kegiatan, berupa struktur organisasi, rincian tenaga ahli maupun tenaga teknis yang terlibat beserta deskripsi pekerjaan dan lama kerja.
Untuk mengetahui contoh usulan teknis, dapat dilihat dan di download pada link berikut ini:

http://downloads.ziddu.com/download/23752427/wayang.doc.html

http://downloads.ziddu.com/download/23793693/keyperformindicator.doc.html

http://downloads.ziddu.com/download/24053764/ustek-review-par.rar.html

Untuk contoh usulan lain, silahkan kontak saya di email may.dewi@gmail.com