Judul hebat ini terinspirasi dari kisah Drupadi dalam Mahabharata. Entah kenapa saya sangat terobsesi dengan sosok Drupadi. Perempuan dengan lima suami! Extraordinary life yang luar biasa berani.

Di aturan agama manapun poliandri dilarang. Sudah jelas. Efeknya tidak baik untuk generasi berikutnya. Sulit menentukan siapa ayah biologis yang harus bertanggungjawab untuk pemeliharaan sang anak. Tapi di beberapa tempat di dunia ini, ada praktek-praktek poliandri dan itu legal dalam budaya mereka. Coba kita telusuri satu-satu.

Yang paling populer beritanya hingga mendunia adalah sosok wanita ini. Rajo Verma, yang menikah dengan lima suami yang bersaudara. Menurut tradisi di India Utara ini, seorang gadis menikah lumrah dengan banyak suami.

wth husbands

 

 

 

 

 

 

 

 

Cerita lengkapnya ada di sini.

Memang cara poliandri yang paling sering dilakukan adalah beberapa laki-laki bersaudara, alias kakak beradik yang berbagi istri. Beberapa tempat di India utara, yaitu di seputaran Himalaya masih mengikuti tradisi ini.

Poliandri di Tibet. Ternyata di Tibet masih dilakukan poliandri karena kultur disana mengijinkan wanita bersuami banyak. Ceritanya di sini

himalaya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Poliandri di Nepal. Beberapa keluarga mengikuti tradisi yang ada di Nepal, yaitu perempuan menikah dengan laki-laki dan saudaranya. Alam yang keras dan sulit di Nepal membutuhkan tenaga ekstra untuk dapat bercocok tanam, perempuan dengan banyak suami, terbantu karena memiliki kekuatan ekstra dalam satu keluarga. Mereka berbagi tugas. Ketika suami pertama pergi untuk menjual hasil panennya, masih ada suami kedua untuk membantu sehari-hari. Cerita lengkapnya ada di sini dan di sini.

nepal

 

 

 

 

 

 

 

 

Di tempat lain, ada praktek poliandri karena beberapa kondisi yang diluar kebiasaan. Sepeti cerita berbagi istri yang ada di Inggris, seorang wanita tinggal bersama suami dan pacarnya dalam satu rumah. Ceritanya di sini.

Ada yang mau melengkapi cerita poliandri?